Dijual Rumah di Kota Bandung
LT 140 m2 LB 110 m2 Harga Nego
untuk info KLIK disini

Minggu, 18 September 2011

Mengapa Alexa dan Logikanya


alexa rankMengapa Alexa dan Logikanya ---Sebenarnya ini sudah lama ingin saya tulis. Mengingat banyak sekali hal yang menurun saya terkesan lucu saat bicara, membaca ataupun mendengar tentang Alexa.

Menurut situsnya www.alexa.com, layanan alexa ini adalah, "Free traffic metrics, search analytics, demographics, and more for websites..." Jadi dia mengukur trafik setiap website dan tidak termasuk situsnya sendiri. Dan hasil pengukuran ini kita kenal sebagai Ranking Alexa.

Dikalangan blogger, sebagian menganggap ranking alexa amat perlu dan dijadikan suatu pencapaian dan kepuasan tersendiri bagi pemilik blog. Dan karena inilah banyak muncul tips triks maupun tutorial yang di khususkan untuk "merampingkan" alexa rank. Walaupun saya juga masih bertanya-tanya, "kalau sudah ramping trus apa ya?"

Ada sedikit pertanyaan menggelitik di benak saya ketika ada sebuah blog yang pengunjungnya naik seratus persen. Jika selama ini pengunjungnya cuma ratusan perhari, sekarang naik menjadi ribuan perhari. Tapi anehnya, saat kunjungan masih ratusan, alexa rank terus meramping tanpa kendala. Tapi pada saat kunjungan sudah mencapai ribuan, kok malah alexa rank begitu-begitu saja dan terkesan gak bergerak bahkan jadi gemuk. Kok bisa? Katanya alexa mengukur berdasarkan pengunjung? Banyak pengunjung maka semakin ramping, tapi kok malah semakin gemuk?

Mungkin satu yang terlewatkan bagi kita adalah kita selalu menganggap alexa cuma menghitung blog kita saja. Mungkin juga kita menganggap bahwa ranking alexa ada duplikatnya seperti ranking google.
Angka diatas hanya satu pemiliknya di jagat maya ini yaitu Iskaruji dot com. Itu angka saat post ini di buat mungkin sudah berubah saat ini. Berbeda dengan ranking google. Lihat saja, blog dengan ranking 2 seperti blog ini ada berapa di jagat maya.

Jika dilihat dari sini wajar jika kunjungan kita meningkat tapi justru alexa rank menggemuk. Karena kompetitor kita atau blog lain juga naik melebihi kenaikan kita. Belum lagi ngitungBlog mana? Mau melihat blog kompetitor sebanyak 2,518 untuk Indonesia?

So, kepada para sobat, yuk kita fokus saja dengan terus menulis di blog kita tanpa perlu memikirkan hal yang sudah pasti seperti alexa. Ia pasti akan ramping sendiri jika pengunjung kita naik melebihi kompetitor kita. Lagian, jika mau puas dan bangga, maka puaslah karena blog kita ada yang membacanya. Karena itulah alasan mengapa blog kita ditampilkan di search engine dan bisa dibuka oleh semua orang. Berarti jauh dilubuk hati kita yang paling dalam tanpa diselimuti kabut munafik, memang kita menginginkan agar ada orang yang bisa membaca tulisan kita. Untuk melihat ada tidak orang yang membaca tulisan kita mungkin kelebihan fitur tampilan baru blogger sudah bisa mengakomodasi hal ini.

Bagaimana dengan alexa? Saya tidak yakin blog-blog besar sekarang ini saat memulai dulu mikirin alexa.

Thanks and happy blogging!

Iskaruji

0 comments:

Posting Komentar