Dijual Rumah di Kota Bandung
LT 140 m2 LB 110 m2 Harga Nego
untuk info KLIK disini

Jumat, 11 November 2011

Edisi Musik Blog - Pasang Lagu Kesukaan di Page atau Posting tertentu


Judul tulisan ini, Cara Pasang Lagu Kesukaan di Page atau di Postingan tertentu, tips blogging ini sudah sangat jadul dan sudah banyak yang membahas di internet, tapi ya gak apa-apalah sekalian nambah-nambah ilmu bagi yang belum tahu…

Banyak tutorial dari blogger lain memberikan cara yang instan untuk memasang lagu di blog, dengan memanfaatkan salah satu layanan dari situs divine-music.info. Di situs itu tersedia beberapa gendre lagu yang bisa kita pilih dan jika kita menemukan lagu yang kita sukai, tinggal ambil script nya lalu pasang di blog dan kemudian lagu pun akan terdengar ketika blog kita di reload. Tapi sayangnya koleksi lagu seringkali tidak tersedia,  terpaksa memilih lagu yang tersedia saja, mungkin itu satu kelemahan memasang lagu di blog dengan cara ini.

Disini saya akan menggunakan cara yang sedikit berbeda, yaitu dengan cara manual dengan meng-upload sendiri lagu yang di inginkan. Dengan begini lagu apapun yang kita inginkan, asal kita mempunyai file mp3 nya maka bisa kita pasang di blog.

Tutorialnya:

Sediakan file mp3 yang kita inginkan lalu convert ke bentuk file flash (.mp3 ke .swf), jadi misalnya kita mempunyai lagu Ari Lasso - tuhan kau tahu.mp3 convert menjadi Ari Lasso - tuhan kau tahu.swf. Untuk keperluan ini ita bisa menggunakan beberapa software audio converter yang ada.

Setelah file tersebut ter convert, sekarang tinggal kita upload file tersebut ke hostingan blog, misalnya seperti ini http://eppoh.blogspot.com//wp-content/uploads/musics/AriLasso-tuhan_kau_tahu.swf.

Selanjutnya perhatikan script berikut ini:

<EMBED SRC=”http://alamatfilelagu/laguku.swf” AUTOSTART=”TRUE” LOOP=”TRUE” WIDTH=”0″ HEIGHT=”0″ ALIGN=”CENTER”></EMBED>

Itu adalah script yang nanti akan kita pasang di blog untuk memutar lagu yang kita upload tadi. Tapi sebelumnya kita harus mengedit dahulu beberapa opsi yang saya beri tanda warna merah. Yaitu alamat file tempat kita menyimpan lagunya, untuk bagian “AUTOSTART” dan “LOOP” sebaiknya dibiarkan begitu saja.

Contoh:

<EMBED SRC=http://eppoh.blogspot.com//wp-content/uploads/musics/AriLasso-tuhan_kau_tahu.swf” AUTOSTART=”TRUE” LOOP=”TRUE” WIDTH=”0″ HEIGHT=”0″ ALIGN=”CENTER”></EMBED>
Sekarang kita tinggal memasang script tersebut di blog sesuai dengan yang kita inginkan, jika kita menginginkan lagu terdengar ketika halaman utama dan setiap page serta postingan blog diakses, maka kita bisa pasang di Widget. Namun jika kita hanya ingin memasangnya di page atau halaman tertentu, silahkan letakan script nya di bawah content page pada mode HTML, tapi kalau ingin memasangnya di setiap halaman bisa letakan script di bagian Page.php.

Jika ingin memainkan lagunya di postingan tertentu saja bisa letakan scriptnya di bawah postingan yang sedang kita buat. (pasang script dalam mode HTML). Atau ingin memainkan lagu pada saat pengunjung membaca postingan saja, bisa simpan scriptnya di single.php. Oke silahkan di oprek-oprek saja… tapi jangan lupa membuat backup dahulu kalau mau oprek bagian theme ya.

Sekian, semoga tutorial ini bisa bermanfaat…

atepsaepulloh

0 comments:

Posting Komentar