Dijual Rumah di Kota Bandung
LT 140 m2 LB 110 m2 Harga Nego
untuk info KLIK disini

Jumat, 02 Desember 2011

10 Jejaring yang Paling Terkenal

Situs jejaring sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna.

Beberapa jenis jejaring sosial yang terkenal saat ini adalah :

1. Facebook ( www.facebook.com )

2. Twitter (www.twitter.com )

3. Kaskus ( www.kaskus.com )

4. Friendster ( www.friendster.com )

5. Kill Hannah Kollective ( www.killhannahkollective.org )

6. Yahoo Messenger ( www.messenger.yahoo.com )

7. Yahoo Koprol ( www.koprol.com )

8. Plurk ( www.plurk.com )

9. My Space ( www.myspace.com )

10. Flickr ( www.flickr.com )

Dan masih banyak lagi lainnya.

Di Indonesia situs – situs jejaring sosial sangat cepat berkembang karena kemajuan teknologi dan internet berkembang begitu cepat juga. Jejaring social menjadi gaya hidup dan bahkan telah menjadi kebutuhan sehari – hari. Bahkan ada yang menganggap jika tidak mempunyai akun jejaring sosial akan dianggap ketinggalan jaman.

Banyak keuntungan yang bisa di dapat dari jejaring sosial. Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat. Bertemu dengan teman - teman lama. Bahkan untuk mencari uang, seperti menjual barang melalui bisnis online, iklan produk dan jasa, serta mempromosikan sesuatu.

Jejaring sosial juga membantu para fans artis, musik olahraga dan lainnya untuk selalu update tentang kegiatan idola mereka, atau membuat suatu komunitas – komunitas sosial yang dapat mempertemukan banyak orang dimanapun berada dan saling bertukar informasi.

Jejaring sosial juga bisa untuk menunjukan bakat – bakat kita melalui video – video, foto, rekaman suara atau tulisan yang kita unggah ke profil kita yang dapat di lihat banyak orang.

Jejaring sosial juga dapat untuk menarik simpati dan empati banyak orang seperti yang di lakukan para politisi dalam berkampanye atau untuk masalah social seperti “Koin Untuk Prita”.

Tetapi setiap ada keuntungan pasti ada kerugiannya. Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.

Dampak jejaring sosial bagi anak di bawah umur lebih mengkawatirkan. Banyaknya anak-anak yang tertarik dengan jejaring sosial mengarahkan mereka kepada para pemangsa sex dalam dunia maya itu (cybersex criminal). Mereka (cybersex criminal) mengetahui/mendapatkan informasi mengenai keberadaan korban (anak-anak) berdasarkan informasi yang mereka pasang dalam situs jejaring sosial. Beberapa dari para cybersex criminal tanpa ragu untuk menanyakan langsung keinginannya agar dapat bertemu langsung dalam dunia nyata dan cybersex criminal tersebut juga tidak segan-segan menanyakan status kewanitaan korban.

KESIMPULAN

Jejaring sosial sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil. Banyak manfaat dan informasi yang bisa kita dapatkan melalui jejaring sosial namun banyak juga sisi negatif yang jika kita berhati – hati menggunakan jejaring social kita bisa menjadi korban. Untuk anak – anak penggunaan jejaring social harus selalu di awasi oleh orang dewasa.

Dampak positif dan negatif dari jejaring sosial tergantung dari cara kita memakai jejaring sosial iu sendiri.


TIPS AMAN MENGGUNAKAN JEJARING SOSIAL :

• Jangan terlalu detail mencantumkan data pribadi kita di halaman profil kita.

• Jangan mudah menambahkan orang yang tidak kita kenal ke dalam profil kita.

• Awasi penggunaan jejaring sosial pada anak di bawah umur.

• Atur tingkat privacy akun anda hanya sebatas kepada teman saja yang dapat mengakses informasi akun anda.

• Blokir dan laporkan akun yang sering mengganggu anda.

• Sebaiknya untuk para anak-anak di bawah umur 13 tahun di mohon untuk tidak membuat akun jejaring sosial karena di jejaring sosial bisa saja terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti pelecehan seksual dll.

• Jangan curhat dan buka-buka rahasia di jejaring sosial. Jika Anda ingin curhat dan sejenisnya, lebih baik Anda tidak melakukannya di jejaring sosial. Gunakan e-mail, telepon atau mengunjungi sahabat Anda. Dan masih banyak fasilitas lainnya, pastinya siapa yang mau rahasianya diumbar oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

• Apapun alasannya jangan sampai membuat profil palsu karena jika hal ini diketahui teman-teman Anda bisa memberi cap negative.

Point penting pada tips di atas adalah jangan terlalu mengumbar informasi yang bersifat pribadi di Facebook. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Ingat, dunia maya adalah public facility, meski menyenangkan dan penuh dengan fasilitas wah namun tetap saja begitu banyak resiko dan juga orang-orang yang tidak bertanggung jawab mengintai.

wikipedia.com

2 comments:

  1. masih ada satu lagi yang anda lupa yaitu joinfens.co.cc

    BalasHapus
  2. wah terima kasih masukannya. saya akan coba telusuri dulu, karena memang banyak sekali jejaring sosial ini, cuma saya membatasi 10 yang paling dikenal. Makasih juga telah berkunjung.

    BalasHapus