Dijual Rumah di Kota Bandung
LT 140 m2 LB 110 m2 Harga Nego
untuk info KLIK disini

Jumat, 18 Januari 2013

Pengertian dan Tutorial Web Hosting


Apa sih web hosting itu?
Bagi yang awam bahkan yang sudah lama ngeblog dengan blog gratisan seperti blogspot, wordpress, dan sejenisnya, belum tentu tahu apa itu hosting. Karena blog gratisan tinggla pakai, tidak peduli hosting.

Menurut Wikipedia Web Hosting adalah Salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web atau situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes hingga terabytes yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

Istilah HOSTING berasal dari kata host. Komputer yang terhubung dalam jaringan. Memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam suatu komputer yang terhubung dengan jaringan. Hosting menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Pada dasarnya sebuah server webhosting menggunakan adalah sebuah komputer biasa namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta harus mampu untuk online 24 jam setiap hari dan tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa.


Layanan hosting memberikan banyak variasi. Yang paling mendasar adalah halaman web dan skala kecil file hosting, di mana file – file tersebut dapat di-upload melalui File Transfer Protocol (FTP) atau melalui Web Browser. Banyak penyedia layanan Internet (ISP) menawarkan layanan ini bebas untuk pelanggan mereka. Atau bahkan dapat juga mendapatkan web hosting dari penyedia layanan lain, sebagai alternatif dari ISP. Biasanya, situs web hosting pribadi diberikan secara gratis. Untuk iklan sponsor, dikenakan biaya. Untuk situs web hosting dengan tujuan bisnis dikenakan biaya sewa yang lebih tinggi.

Ibarat rumah adalah blog/website, maka domain adalah nama dan alamat rumah. Sedangkan hosting adalah tanah untuk membangun rumah itu sendiri. Diatas tanah kita dapat membangun rumah dan didalam hosting pula kita dapat membangun website/blog.

Jenis-jenis hosting :
  1. Berdasarkan biaya :
    • Free hosting adalah hosting yang disediakan secara gratis

    • Trial hosting adalah hosting yang diberikan kepada calon pelanggan untuk ujicoba kehandalan dan fasilitas hosting. Biasanya trial hosting diberikan 30-60 hari saja.

    • Paid Hosting adalah hosting yang mengharuskan membayar biaya sewa. Hosting jenis ini paling banyak digunakan. Tidak lain karena pelayanan dan kualitasnya tentu tidak asal-asalan.

  2. Berdasarkan user/client :
    • Shared hosting yaitu hosting/server yang digunakan secara bersama-sama (berbagi) oleh banyak pelanggan. Hosting jenis ini paling banyak dipilih karena harganya jauh lebih murah.

    • Virtual Privat Server (VPS) atau dedicated rerver adalah server hosting yang digunakan secara pribadi (privat). Pelanggan VPS mempunyai akses penuh terhadap VPS tidak seperti Shared yang terbatas pada level user. Kapasitas hosting, prosesor, bandwith dan memory pun dipakai secara pribadi.

    • Co-Location Server adalah layanan untuk menghosting server milik anda, Server disediakan oleh anda, dan diletakkan di Data Center penyedia layanan web hosting. Tujuan meletakkan server di data center  adalah agar server milik anda (beserta data di dalamnya, semisal website, program) dapat diakses dari seluruh dunia dengan cepat, dan biayanya lebih murah.


Saya sertakan pula cara membuat/tutorial web hosting via youtube dari cilacaponline.web.id, dibawah ini:



sumber:
habibimustafa.com
cilacaponline.web.id

2 comments: